Tuesday 25 June 2013

Wuih, Mobil Volvo Bisa Cari Parkir Kosong Sendiri



Gothenburg, KompasOtomotif – Volvo meluncurkan autonomous parking concept, teknologi baru yang memungkinkan pengemudi tak perlu mencari parkir sendiri, bak vallet parkingdi mal atau hotel. Untuk tahap pertama, teknologi ini dipasangkan dengan Volvo V40.

Jadi, saat pengemudi masuk halaman parkir dan kedapatan penuh, tak perlu harus mencari lahan kosong. Turun dari kendaraan, melalui aplikasi ponsel, mobil akan jalan sendiri menuju tempat parkir. Berbagai sensor yang ada,  akan memerintahkan mobil berjalan sendiri mencari ruang kosong dan sampai terpakir.

Sebaliknya, kala kembali ke mobil tinggal mengoperasikan ponsel. Jangan khawatir, karena teknologi ini akan menjaga agar tak menabrak pejalan kaki atau bahkan mobil lain.

"Teknologi ini sangat memudahkan pengemudi dan membantu menghemat waktu mencari lahan parkir. Tapi, kami juga memikirkan agar teknologi ini tak mengganggu dan meresahkan lingkungan sekitar dengan banyak sensor yang terpasang," ujar Thomas Broberg, Senior Safety Advisor Volvo Car Group (23/6),

Konsep parkir sendiri hanyalah satu dari sekian banyak proyek Volvo yang akan dikenalkan. Perusahaan telah mendeklarasikan untuk menjadi yang terdepan dalam teknologi mobil tanpa pengemudi. Sebagai langkah inisiatif, Volvo juga mengonfirmasi akan menwarkan teknologi tanpa pengemudi di XC90 saat diluncurkan tahun depan.

Simak video berikut untuk mengetahui cara kerjanya!
Sumber : Kompas Otomotif

No comments:

Post a Comment